Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune
Subscribe to Zinmag Tribune by mail

Yamaha Soul GT, Aura Muscle Car

14.8.12 Diposting oleh pijar mentariku


YAMAHA SOULGT 2012 JAKARTA




PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menegaskan kalau Yamaha Soul GT memang diperuntukkan bagi kaum adam. Makin diperkuat lagi lewat hadirnya Soul GT versi modifikasi ini. Kesan maskulin coba dipancarkan lewat modif beraura muscle car khas Amrik.

“Melalui modifikasi ini, ingin menonjolkan sisi maskulin dari Soul GT. Maka itu, konsep dari muscle car Camaro kami coba terjermahkan secara mendalam,” ungkap Eko Prabowo, GM Promotion & Community YIMM.

Konsep yang diterapkan, tak sebatas konsep. Tapi, memang berawal dari salah satu part yang seakan menjadi ikon buat dari Soul GT. Yaitu, headlamp. Lampu depan yang memiliki bentuk layaknya headlight di Chevrolet (Chevy) Camaro Coupe itu, jadi sumber insipirasi pengembangan modif yang dilakukan.

Enggak salah juga jika selain Camaro, konsep mobil Transformers ikut jadi sumber inspirasi. Terutama, dari tokoh Bumblebee. Itu karena YIMM ingin menjuluki Soul GT modif ini The Monster.

Genre modif sendiri lebih mengarah ke pacuan hot rod. Maka itu, Soul GT ini punya jarak sumbu roda yang lebih mudur. Selain itu, jarak terendah ke tanah dibuat lebih pendek.

Lebih panjangnya wheel base, akibat mesin yang dimundurkan. Pakai undur-undur atau lebih dikenal link arm, mesin dibuat lebih ke belakang sekitar 10 cm. Ini bikin dimensi keseluruhan kaki-kaki seakan bertambah panjang.

Tapi, selain dimundurkan, mesin juga ikut digeser ke sisi kiri sebanyak 5 cm. Kedua hal ini dilakukan karena roda belakang mengaplikasi pelek yang lebar. Pelek belakang pakai ukuran 7 inci. Sedang pelek depan, aplikasi 4 inci.

Bentuk pelek, dirancang berbeda. Artinya, enggak mudah ditemukan di pasaran. Lah wong dibuat sendiri kok. Karena bentuk palangnya menyesuaikan gaya pacuan hot rod yang kekar tapi terlihat dinamis. Ban depan aplikasi 120/70-14 dan belakang 160/70-14.

Simple tapi punya kesan kuat! Ini bisa dilihat dari pemakaian pin hood. Itu lho, part pengencang atau pengait kap mesin yang biasa diaplikasi di mobil-mobil balap. Nah, part ini juga diaplikasi di bagian cover depan Soul GT.

Cover bodi depan diibaratkan sebagai kap mesin. Itu karena part ini berada di atas headlamp yang menyerupai Chevy Camaro. Kesan pacuan yang mengumbar kecepatan pun terkuak.

Selain itu, pemakaian variasi pendukung ikut memperkuat kesan hot rod. Misalnya grip gas yang terbuat dari bahan aluminium bilet dan peredam getaran dari bahan telon. Begitu juga spion yang terbuat dari bahan yang sama. Keseluruhan finishing ditutup lewat paduan cat kelir kuning dan striping hitam doff ciri khas Camaro milik Bumblebee.

Mantap!
 (motorplus-online.com)

Penulis : Eka | Teks Editor : KR15 | Foto : Boyo



waroengkopikoe
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Yamaha Soul GT, Aura Muscle Car"

Posting Komentar

Sponsor

featured-video

Dashboard